A.
Pengertian Pelayanan Prima
Pelayanan
Prima (Service Excellence) adalah
upaya melayani dengan tindakan terbaik yang dilakukan perusahaan kepada
pelanggan sebagai wujud kepedulian terhadap pelanggan dan dengan tujuan agar
pelanggan tetap loyal pada perusahaan tersebut. Untuk dapat melakukan pelayanan
prima maka yang paling penting adalah perusahaan harus berorientasi kepada
kepentingan pelanggan, sehingga mampu memberikan kepuasan yang optimal kepada
pelanggan.
B.
Dasar-Dasar Pelayanan Prima
Upaya
memberikan pelayanan terbaik dari perusahaan kepada pelanggan akan terwujud
dengan baik apabila perusahaan tersebut
mampu untuk menerapkan konsep dasar atau dasar-dasar pelayanan prima dalam
setiap melayani para pelanggan. Kosep dasar pelayanan prima tersebut adalah:
a) Sikap (attitude)
Untuk
dapat memberikan pelayanan prima kepada setiap pelanggan maka hal pertama yang
harus diperhatikan adalah sikap dalam menghadapi pelanggan. Dalam memberikan
pelayanan prima pada pelanggan maka sikap yang baik adalah sikap yang sopan,
baik, dan menghargai setiap pelanggan.
b) Perhatian (Attention)
Pada
saat memberikan menghadapi pelanggan dan memberikan pelayanan prima pada
pelanggan, maka kita harus memberikan perhatian penuh pada pelanggan tersebut.
Perhatian yang dimaksudkan adalah kita harus bisa benar-benar memahami apa yang
diinginkan oleh pelanggan dan apabila ada kritikan atau masukkan dari
pelanggan, maka kita juga harus mendengarkannya dengan baik.
c)
Tindakan (Action)
Dalam
memberikan pelayanan prima kita juga haruslah menunjukkan tindakan yang baik
kepada pelanggan. Tindakan yang baik adalah tindakan yang dapat memberikan
kesan yang baik dari pelanggan terhadap kita. Tindakan baik yang dapat
memberikan kesan yang baik contohnya: selalu berusaha untuk mewujudkan
keinginan dari pelanggan dan selalu mengucapkan terimakasih pada setiap kita
memberikan pelayanan prima.
d)
Kemampuan (Ability)
Dalam
memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, kita juga harus memiliki beberapa
kemapuan di samping kemampuan kita dalam bidang pekerjaan kita. Salah satu
kemampuan terpenting yang harus dimiliki dalam melakukan pelayanan prima adalah
kemampuan untuk berkomunikasi yang efektif dan kemampuan untuk membangun
hubungan yang baik dengan pelanggan.
e)
Penampilan (Appearance)
Penampilan
juga menjadi komponen penting dalam memberikan pelayanan prima kepada
pelanggan. Karena dalam memberikan pelayanan prima pada pelanggan kita tidak
hanya cukup menunjukkan sikap-sikap yang baik pada pelanggan, tetapi kita juga
haruslah memiliki penampilan yang baik saat memberikan pelayanan prima pada
pelanggan. Karena penampilan fisik maupun non fisik yang kita mililki dapat
merefleksikan kredibilitas kepada pelanggan. Dan juga dengan memiliki
penampilan yang baik, maka itu juga akan membantu untuk memunculkan rasa
kepercayaan diri saat kita melakukan pelayanan prima pada pelanggan.
f)
Tanggung Jawab (Accountability)
Tanggung
Jawab adalah komponen penting pada pelayanan prima. Tanggung Jawab yang kita
tunjukkan saat kita memberikan pelayanan prima pada pelanggan akan membuat
adanya rasa kepercayaan dari pelanggan terhadap perusahaan kita, sehingga juga
akan memunculkan rasa kepuasan dari pelanggan.
C.
Penerapan Pelayanan Prima dalam Perusahaan
Di
dalam pelayanan prima dikenal 2 jenis pelanggan, yaitu pelanggan internal dan
pelanggan eksternal. Pelanggan internal adalah semua karyawan maupun semua yang
bekerja dalam sebuah perusahaan. Sedangkan pelanggan eksternal adalah orang-orang
yang berasal dari masyarakat umum bukan dari dalam perusahaan itu sendiri.
Cotoh penerapan pelayanan prima pada kedua jenis pelanggan tersebut yaitu:
a) Pelayanan prima kepada pelanggan internal
Di
dalam setiap perusahaan ataupun instansi haruslah dapat mengembangkan
kebudayaan pelayanan prima dari lingkungan internal perusahaan itu sendiri.
Karena jika suatu perusahan dapat melakukan pelayanan prima yang baik dalam lingkungan
internal perusahaan maka perusahaan tersebut juga akan dapat melakukan
pelayanan prima yang baik pada lingkungan eksternal. Yang dimaksudkan dengan
Membudidayakan pelayanan prima yang baik di dalam perusahaan adalah adanya rasa
saling menghargai dan menghormati pada masing-masing karyawan yang bekerja pada
perusahaan tersebut. Dengan adanya pelayann prima pada lingkungan internal
perusahaan maka akan membuat semua pekerjaan akan berjalan dengan lancar karena
semua karyawan merasa nyaman dalam bekerja.
Contoh:
Pada
suatu perusahaan, direktur pada perusahaan tersebut bersikap sangat baik pada setiap karyawannya.
Ia adalah seseorang yang tidak pernah
bertindak sewenang-wenang pada karyawannya, ia sangat ramah, dan sangat
pengertian kepada karyawannya. Ia sangat menghargai setiap kineja dar
karyawannya. Cara yang digunakan untuk menghargai setiap kinerja dari
karyawannya adalah dengan memberikan apresiasi pada setiap karyawannya yang
sudah bekerja sangat baik. Pemberian apresiasi tersebut akhirnya dapat memicu motivasi sema
karyawannya dalam bekerja. Selain itu, sikap positif yang dilkakuan oleh
direktur tersebut membuat sema karyawannya merasa nyaman. Mereka pun juga
menjadi bisa menghargai satu sama lain. Dan rasa nyaman pada semua karyawan
tersebut membuat seluruh karyawan dapat bekeja dengan baik dan pekerjaan juga
dapat cepat selesai. Dan akhirnya semangat bekerja dari seluruh karyawan
tersebut dapat membuat perusahaan tersebut mengalami kesuksesan.
Dari
lustrasi di atas dapat dilihat bahwa sikap yang ditunjukkan dari dirktur
tersebut merupakan pelayanan prima yang ia lakukan pada seluruh karyawannya.
Dan dari pelayanan prima sederhana yang
dilakukan oleh direktur tersebut kepada seluruh karyawannya sendiri sangat
memberikan efek yang besar untuk perusahaannya. Pada suatu perusahaan direktur
perusahaan memang yang harus bisa menjadi contoh karyawannya untuk melakukan
pelayanan prima di dalam perusahaan.
b) Pelayanan prima kepada pelanggan eksternal
Pelanggan
eksternal sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Karena kelangsungan dan
kemajuan satu perusahaan juga ditentukan dari pelanggan eksternal suatu
peruhaan trsebut. Maka pelayanan prima kepada pelanggan eksternal sangat
diperlukan pada suatu perusahaan.
Contoh:
Jika kita bekerja pada
suatu perusahaan maka kita pasti akan menemui atau menerima complain atau kritikan dari pelanggan kita. Dan kita sangat
membutuhkan pelayanan prima dalam menghadapi seorang pelanggan yang memberikan complain pada perusahaan kita. Pelayanan
prima yang harus kita lakukan adalah:
·
Pertama- tama
kita harus mendengarkan terlebih dahulu semua kritikan yang pelanggan tersebut katakan.
Dan selama pelanggan tersebut memberikan kritikan kita sebaiknya jangan
memberikan sanggahan terlebih dahulu.
·
Kemudian kritikan – kritikan atau masukkan –
masukkan tersebut kita catat
·
Dan setelah
pelanggan tersebut memberikan kritikan atau masukkannya kita bisa memberikan
sanggahan ataupun tindakan untuk menanggapi kritikan atau masukkannya tersebut.
·
Setelah selesai
janganlah lupa untuk tetap mengatakan terimakasih kepada pelanggan tersebut.
Pelayanan prima pada saat menghadapi kritikan dari pelanggan
adalah salah satu contoh pelayanan prima yang dilakukan dalam suatu perusahaan
kepada pelanggan ekstenal. Selain pelayanan prima dalam menanggapi kritikan
dari pelanggan, ada lagi banyak hal yang dapat dilkakuan suatu perusahaan untuk
memberikan pelayanan prima kepada pelanggan eksternal. Pelayanan prima kepada
pelanggan eksternal perlu dilakukan agar pelanggan eksternal dapat selalu mempercayai
perusahaan kita dan juga untuk menjaga agar pelanggan eksternal tetap loyal
terhadap persahaan kita.
Sumber:
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar